Cara ping Blog agar cepat terindek Google

Advertisemen
 Cara ping google agar blog cepat terindek


PENGERTIAN

Sebelum membahas tentang cara ping google agar blog cepat terindeks, sedikit saya jelaskan pengertian dari Ping, Ping dari arti kata adalah bersiul, yang berarti memberi kode agar mendapat perhatian atau memanggil, seperti halnya ping pada chat di BBM (Blackberry Messenger).Jadi cara ping google agar blog cepat terindeks adalah memanggil search engine Google, untuk menjelajahi halaman situs yang di ping kan ke google.Tapi sebenarnya kalau situs baik website maupun blog, sudah terdaftar dengan menggunakan sitemap di Google Webmaste Tools, maka sebenarnya tidak perlu melakukan ping ke google.Karena google akan secara otomatis meng-indeks setiap halaman baru dari situs tersebut.

Tapi ada kekurangannya jika anda hanya mengharapkan google datang sendiri untuk mengindeks halaman baru dari situs anda, biasanya google akan datang sendiri tanpa batas waktu yang pasti, artinya tidak tentu kapan datangnya, bisa cepat dan juga lama.Kalau halaman situs anda tidak cepat diindeks oleh robot google/spider, tentunya halaman situs tersebut tidak akan muncul pada mesin pencarian.Dampaknya yang pasti peluang untuk mendapatkan pengunjung dari search engine google tidak ada, selama halaman baru tersebut belum juga terindeks dan masuk database google.

Untuk itulah perlu adanya pemberitahuan kepada google dengan istilah yang populer adalah ping ke google agar situs dapat segera dan secepatnya dijelajahi spider google dan cepat masuk database hasil pencarian google.

Untuk cara otomatis, ada banyak situs yang memberikan fasilitas layanan ping ke google.Seperti contoh layanan ping Pingomatic dan Mypagerank.Kalau bagi tutorial digital tidak pernah menggunakan layanan ping otomatis dan dari pihak ketuga dalam artian bukan pihak google yang menyediakan, tentunya akan kurang baik hasilnya.Dengan tutorial digital sampel saja, bisa saja layanan ping tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat melakukan ping ke google.


CARA PING GOOGLE MENGGUNAKAN GOOGLE PING ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

1. Buka halaman google ping : www.googleping.com

2. Setelah halaman google ping terbuka, isi kolom seperti ini :


  • Blog Name  : Nama blog anda
  • Blog Home Page  : Alamat Home Blog Anda
  • RSS URL  (Optional)  : Link Home Blog Anda
  • Email (required for some)  : Email Anda

3. Setelah mengisih blog detail, anda tinggal memberi centang “Service To Ping”, klik tulisan “Cek All” untuk mencentang semuanya.

4. Setelah semuanya selesai dicentang, klik tulisan “Send Ping” yang letaknya paling bawah.


CARA PING SECARA MANUAL

1. Silahkan buka halaman layanan ping google : http://blogsearch.google.com/ping

2. Masukkan halaman URL yang akan anda ping ke google.

3. Selesai dan tunggu beberapa saat saja, google akan segera berkunjung ke blog anda untuk merayapi halaman URL yang anda ping ke google tadi.

4. Selamat halaman baru anda sudah tercantum di indeks google dan sudah masuk database google.
Advertisemen